Sabtu, 24 Januari 2015

Materi 5 Model Program Linear

Model Kombinasi Produk
Quick-Screen merupakan perusahaan garmen yang khusus memproduksi kaus dalam pertandingan akbar, seperti misalnya World Cup. Perusahaan ini telah dikontrak untuk membuat kaos standar dengan gambar  negara pemenang. Kaos yang diproduk si terdiri dari dua jenis, yakni kaos lengan panjang dengan gambar di satu sisi (depan) dan dengan gambar di dua sisi (depan dan belakang), jenis kedua adalah kaos lengan pendek dengan bentuk gambar serupa. Perusahaan harus menyelesaikan seluruh produksinya 72 jam setelah pertandingan final usai, di mana akan datang truk untuk mengangkut kaos tersebut. Perusahaan harus menyelesaikan produksi telat waktu. Truk pengangkut memiliki kapasitas muatan sebanyak 1200 kardus ukuran standar. Satu box ukuran standar berisi 12 kaos lengan pendek, sementara satu kardus lengan panjang berukuran 3 kali lebih besar. Perusahaan memiliki dana $25.000 untuk memproduksi kaos, dan juga memiliki kaos lengan pendek & panjang polos masing2 500 lusin yang siap disablon. Persyaratan sumber daya, biaya, dan keuntungan per lusin untuk tiap jenis kaos disajikan pada tabel berikut :
 
Model Kombinasi Produk Lanjutan
 
 Waktu Proses (hr)   Biaya ($)  Keuntungan ($)
                                   per lusin            per lusin        per lusin
Kaos lengan panjang
Satu sisi      0,10                   36                90
Kaos lengan panjang
Dua sisi      0,25                   48               125
Kaos lengan pendek
Satu sisi      0,08                   25                45
Kaos lengan pendek
Dua sisi      0,21                   35                65
Perusahaan ingin mengetahui berapa lusin (kardus) tiap jenis kaos harus diproduksi untuk memaksimalkan keuntungan ?
 
Formulasi Model Kombinasi Produk 
 
Variabel keputusan
  Masalah ini memiliki 4 variabel keputusan, yakni :
  X1 = jumlah produksi kaos l. panjang gambar 1 sisi (lusin)
  X2 = jumlah produksi kaos l. panjang gambar 2 sisi (lusin)
  X3 = jumlah produksi kaos l. pendek gambar 1 sisi (lusin)
  X4 = jumlah produksi kaos l. pendek gambar 2 sisi (lusin)
Fungsi tujuan
  Maksimalkan Z = $ 90X1 + 125X2 + 45X3 + 65X4
  dengan Z adalah keuntungan.
Berdasarkan kendala
  0.1X1+0.25X2+0.08X3+0.21X4 £ 72         waktu produksi
     3X1+    3X2+      X3+      X4  £ 1200     kapasitas truk
  36X1 +   48X2+  25X3+  35X4  £ 25000   dana yang tersedia
     X1  +      X2                         £ 500      sediaan kaos panjang
                                X3+      X4  £ 500      sediaan kaos pendek
   X1, X2, X3, X4 ³ 0
 
 
Model Pemasaran
 
Perusahaan menganggarkan $8.000 per minggu untuk iklan pada 4 media: TV, Koran, Radio di Ibu kota, dan Radio di beberapa kota besar lainnya. Jangkauan iklan, biaya, dan batasan maksimum periklanan pada keempat media disajikan pada tabel berikut.  Perusahaan menetapkan beberapa rancangan :
  i.  Minimal ada 5 spot iklan di radio
  ii. Tidak lebih dari $1.800 dana dialokasikan pada
                                                media radio.
  Perusahaan menginginkan jangkauan audience sebanyak-banyaknya melalui berbagai media iklan.
  Buat model matematisnya dan cari solusi optimalnya ?
 
 
  Formulasi Model Pemasaran
 
Variabel keputusan :
  X1 = lamanya iklan lewat TV (menit)
  X2 = banyaknya iklan lewat koran (halaman)
  X3 = lamanya iklan lewat radio Ibu-Kota (per 30 detikdetik)
  X4 = lamanya iklan lewat radio di beberapa kota besar (per menit)
Fungsi tujuan :
maksimumkan Z = 5000X1 + 8500X2 + 2400X3 + 2800X4
  Z : jangkauan audience (orang)
Berdasarkan kendala :
  800X1 + 925X2 + 190X3 + 380X4   £  8000  ®  dana yg dianggarkan
        X1  £  12  ® iklan TV maksimum/ minggu
             X2  £   5  ® iklan koran  maks/minggu
            X3      £  25  ® maksimum iklan radio   Ibukota/minggu
                   X4   £  20  ® maksimum iklan radio di
  beberapa kota besar
            X3 + X4   ³   5  ® jumlah iklan radio
  190X3 + 380X4   £  1800  ® alokasi biaya maks. Iklan
                                                                     radio
  X1, X2, X3, X4 ³ 0
  

Solusi Model Pemasaran
 
Solusi menggunakan software POM for Windows,
diperoleh :
  X1 = 2 (dibulatkan), X2 = 5, X3 = 9, X4 = 0, dan Z = 74100 (dibulatkan)
Artinya perusahaan harus mengiklankan usahanya setiap minggunya di TV selama 2 kali (masing2 1 menit), di koran 5 kali dalam seminggu (masing2 1 halaman), di radio Ibu-kota 9 kali dalam seminggu (masing2 selama 30 detik), tidak perlu mengiklankan lewat radio di kota2 besar, agar diperoleh jangkauan audience yang maksimal sebesar 74100.
Model Analisis Kumpulan Data (DEA)
Sebagai implementasi dari sebuah undang2 yang baru dikeluarkan, seorang
anggauta konggres dari suatu distrik mendapat alokasi anggaran sebesar $4
juta untuk beberapa program & proyek. Menjadi kewenangan anggauta
kongres untuk melakukan distribusi penggunaan dana tersebut. Berdasarkan
tingkat kepentingan terhadap pembangunan distrik dia telah menetapkan
bahwa dana tersebut akan dialokasikan pada 4 buah proyek yang saat ini
telah berjalan, yakni program pelatihan kerja, proyek taman kota, proyek
sanitasi, dan perpuskaan keliling.  Walaupun demikian anggauta kongres
tersebut ingin memastikan bahwa  pembagian dana tersebut akan
memberikan kepuasan yang paling besar untuk para pemilihnya, dengan kata
lain pembagian itu harus dapat meningkatkan perolehan suara yang paling
besar pada pemilu yang akan datang. Oleh karena  itu, para stafnya telah
melakukan riset tentang seberapa besar potensi masing2  proyek untuk dapat
mendulang suara bagi sang anggauta kongres. Didapatkan  hasil penelitian
tentang berapa besar suara yang dapat didapatkan untuk setiap dolar yang
diinvestasikan pada setiap proyek sebagai berikut :

  Proyek   Jumlah suara/dolar
  Pelatihan kerja  0.02
  Taman  0.09
  Sanitasi  0.06
  Perpustakaan  0.04
Selain itu terdapat beberapa kendala yang harus dipenuhi berkaitan dengan aspirasi dari beberapa tokoh2 yang berpengaruh dan juga merupakan penyandang dana utama kampanyenya :
Tidak boleh ada proyek yang mendapatkan lebih dari 40% alokasi dana
Jumlah alokasi dana untuk taman tidak boleh melebihi total alokasi untuk sanitasi dan perpustakaan keliling.
Jumlah alokasi untuk pelatihan kerja harus paling sedikit sama dengan alokasi dana untuk proyek sanitasi.
Semua dana harus habis terbagikan.
Variabel keputusan :
  x1 : jumlah dana yang dialokasikan pada program pelatihan kerja
  x2 : jumlah dana yang dialokasikan pada program taman kota
  x3 : jumlah dana yang dialokasikan pada program sanitasi
  x4 : jumlah dana yang dialokasikan pada program pelatihan kerja
Fungsi tujuan : maksimalkan z = 0.02x1 + 0.09x2 + 0.05X3 + 0.04x4
z : kontribusi dana dalam rangka mendapatkan suara pada pemilu mendatang.
Berdasrkan kendala :
  x1  £ 1.6
        x2  £ 1.6
        x3  £ 1.6
                  x4  £ 1.6
        x2     – x3 – x4  £ 0
  x1           -  x3  ³ 0
  x1 + x2 + x3  + x4  = 4
  x1, x2, x3, x4 ³ 0
 
Solusi menggunakan software POM for Windows, diperoleh :
  x1 = 0.4, x2 = 1.6, x3 =0.4, x4 = 1.6, dan z maksimum sebesar 0.236. Artinya dengan mengalokasikan dana sebesar $0.4 juta untuk proyek pelatihan kerja, $1.6 juta untuk proyek taman kota, $0.4 juta untuk proyek sanitasi, dan $1.6 juta untuk perpustakaan keliling, maka diharapkan anggauta kongres tersebut akan mendulang suara sebesar 23.6% di distrik pemilihannnya.


 
 
 

0 Komentar :

Posting Komentar