- Metode simpleks digunakan untukmemecahkan permasalahan Program Linier dengan dua atau lebih variabel keputusan
- Formulasi Fungsi Tujuan dan Fungsi Kendala Dari Permasalahan PL
- Mengkonversi Bentuk Pertidaksamaan Dalam Fungsi Kendala Menjadi Bentuk Standar
- Membuat Table Simpleks Awal
- Algoritma metode simpleks
1.Ruas kanan (RK) fungsi tujuan harus nol (0)
2.Ruas kanan (RK) fungsi kendala harus positif, jika negatif kalikan dengan –1.
3.Fungsi kendala dengan tanda “\<” harus diubah ke bentuk “=” dengan menambahkan variabel slack/surplus. Variabel slack/surplus disebut variabel basis.
4.Fungsi kendala dengan tanda “>/” diubah ke bentuk “\< ” dengan cara mengalikan dengan –1, lalu
diubah ke bentuk
persamaan dengan menambahkan variabel slack, kemudian RKnya dikalikan dengan –1,
karena bertanda negatip.
Mengkonversi Bentuk Pertidaksamaan Fungsi Kendala Menjadi
Bentuk Standar
- Ada tiga bentuk fungsi kendala: \<, ≥, dan =.
- Konversi fungsi kendala bertanda \<: menambahkan slack variable pada fungsi kendala tersebut.
- Untuk kendala berbentuk ‘\<’ dan ‘=‘ akan dibahas tersendiri dalam teknik variabel artifisial.
- Slack variable: sumber daya yang mengganggur pada suatu fungsi kendala.
- Penambahan slack variable dimaksudkan untuk memperoleh solusi fisibel awal (initial feasible solution, sama dengan titik origin pada grafik) pada fungsi kendala.
Maksimumkan Z = 3X1 + 5X2
Berdasarkan kendala (constrain)
(1) 2X1 \< 8
(2) 3X2 \<15
(3) 6X1 + 5X2 \<30
(4) X1 >/ 0, X2 >/ 0
Langkah-langkah metode simpleks
Langkah 1:
Mengubah fungsi tujuan dan kendala menjadi “bentuk standar”
Mengubah fungsi tujuan dan kendala menjadi “bentuk standar”
Fungsi tujuan
Z = 3X1 + 5X2 diubah menjadi Z - 3X1 - 5X2 = 0.
Fungsi kendala diubah menjadi persamaan dg menambahkan var. slack, sebagai berikut :
(1) 2X1 \< 8 menjadi 2X1 + X3 =
8
(2) 3X2 \< 15 menjadi 3X2 + X4 = 15
(3) 6X1 + 5X2 \< 30 menjadi 6X1 + 5X2 + X5= 30
Variabel slack adalah variabel tambahan yang mewakili tingkat pengangguran atau kapasitas yang merupakan batasan
Bentuk Standar :
Fungsi tujuan :
Maksimumkan Z - 3X1 - 5X2 = 0
Fungsi kendala
(1) 2X1 + X3 = 8
(2) 3X2 + X4 = 15
(3) 6X1 + 5X2 + X5 = 30
(4) X1 ,X2 ,X3 , X4 , X5 >/0
Langkah 2: Memindahkan bentuk standar ke dalam tabel
Z = 3X1 + 5X2
diubah menjadi Z - 3X1 - 5X2 + 0X3 + 0X4 + 0X5 = 0.
(1) 2X1 \< 8
menjadi 2X1
+ X3 = 8
(2) 3X2 \< 15 menjadi 3X2
+ X4 = 15
(3) 6X1 + 5X2 \< 30 menjadi 6X1 + 5X2 + X5 =
30
Terima kasih atas Postingannya...
BalasHapus